SELAMAT DATANG DI INTERPARENT'S BLOGS

Senin, 24 Oktober 2011

tugas bab 2

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori dasar / Konsep

Mengingat banyaknya pilihan merek dan tipe handphone yang ditawarkan di pasaran, serta sering berubahnya selera kosumen maka tidak jarang dalam kurun waktu singkat seseorang pengguna berganti merek atau tipe handphonenya dari suatu merek ke merek lainnya.

Oleh karena itu penelitian yang dilakukan difokuskan perindahan penggunaan merek handphone oleh para pengguna mahasiswa serta untuk melihat pula merek handphone mana yang paling digemari oleh para mahasiswa.

Tinjauan riset terdahulu

Ismulyana Djan dan Ramlan Ruvendi, 2006. Mengatakan bahwa selera konsumen selalu berubah dalam menggunakan suatu produk. Perpindahan merek handphone adalah gejala yang umum terjadi dikalangan konsumen mahasiswa maupun konsumen pada umumnya.

Variabel yang akan diteliti dalam penelitian ilmiah ini meliputi :

1. Merek

2. Pangsa pasar

3. Alasan pemilihan merek

4. Daya tarik produk

The American Marketing Association dalam Basu Swasta (1980) mengartikan merek sebagai suatu nama, istilah, simbol, disain, atau kombinasinya sebagai tanda pengenal produk atau jasa suatu penjual yang membedakan dengan produk-produk pesaing.

Secara operasional merek adalah nama dan simbol yang diberikan produsen kepada produk handphone yang diperdagangkan di pasaran. Dalam pengolahan data merek akan diberikan lambang atau kategori angka mulai 1, 2, 3, dan seterusnya.

Pangsa pasar adalah nilai probabilitas pada matrik kejadian (MK) Markov yang menunjukkan proporsi antara jumlah produk yang dibeli konsumen pada suatu merek dibandingkan dengan total pembelian semua responden.

Dasar pemilihan merek adalah faktor-faktor lingkungan yang mendorong seseorang untuk memilih merek handphone tertentu.

Daya tarik merek adalah faktor-faktor intrinsik yang melekat pada produk yang menyebabkan produk dipilih.

Pengembangan Hipotesis

Konsumen hand phone di indonesia merupakan jumlah yang sangat banyak dan beraneka ragam (Heterogen) terhadap penggunaannya, banyak faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih merek telepon genggam, diantaranya adalah Merek, Pangsa pasar, Alasan pemilihan merek, dan Daya tarik produk.

Pada merek, konsumen remaja umumnya menginginkan ponsel yang serbaguna dan memiliki fitur-fitur yang lengkap, dalam hal ini Nokia dapat dikatakan sebagai merek telepon genggam yang memiliki fitur yang lengkap.

Pangsa pasar yang menguasai pasar telepon genggam di Indonesia saat ini adalah Nokia, dimana nokia telah hadir di Indonesia sejak lama, sehingga besar kemungkinan nokia menjadi merek yang lebih di kenal luas.

Alasan pemilihan merek biasanya di dominasi oleh pengaruh gengsi, saat ini terdapat merek dengan konsep mewah yang di usung oleh merek terkenal Blackberry.

Daya tarik terhadap produk telepon genggam dipengaruhi oleh fitur-fitur lebih yang terdapat pada produk telepon genggam itu sendiri, saat ini nokia dan samsung mengunggulkanberbagai fitur yang lebih baik dari produk ponsel lainnya.

Hipotesis

Dapat diambil kesimpulan dalam sebuah hipotesis, bahwa merek ponsel nokia akan merajai pangsa pasar di Indonesia, khususnya para mahasiswa, karena mahasiswa biasanya lebih teliti dalam pemilihan dan peggunaan ponsel, penelitian ini pun dapat menjadi panutan guna penelitian sejenis yang lebih luas.

ini link pak prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar