SELAMAT DATANG DI INTERPARENT'S BLOGS

Senin, 07 November 2011

Tugas BAB 4 -5

IRWO SASONGKO

16209467

3 EA 11

BAB 4

Hasil Dan Pembahasan

Populasi penelitian yang di telah di ujicobakan melalui kuisioner yang disebarkan secara random adalah 100 orang mahasiswa Gunadarma j1 kalimalang dengan jenjang D3 yang komposisinya adalah 20 orang D3 Manajemen informatika, 20 orang D3 manajemen pemasaran dan semenatara pada jenjang S1 dengan komposisi 25 S1 Manajemen dan 25 S1 Teknik informatika.

Kuesioner yang telah diujicobakan kepada beberapa mahasiswa adalah untuk menguji reliabilitas dan validitasnya, selanjutnya dari 100 kuesioner yang telah disebar, mahasiswa yang mengembalikan kuesioner dan mengisi dengan lengkap semua pertanyaan yang disediakan ada 85 responden. Atas dasar data-data dari kuesioner yang telah diisi olehh responden tersebut maka selanjutnya dilakukan analisis data lalu kemudian diberikan interpretasi.

Merek Handphone yang Dipilih Responden

Dari kuesioner yang terkumpul diperoleh data bahwa merek-merek handphone yang digunakan oleh responden adalah seperti tabel berikut :

Tabel 1 Merek Handphone dan Jumlah Pengguna

Tabel tersebut memperlihatkan bahwa terdapat 3 merek yang paling digemari yaitu Nokia (50,52%), Blackberry (12,63%), dan Sony Ericsson (10,52%). Urutan berikutnya adalah Samsung dan Motorola yang masing-masing dipilih oleh 9 responden atau degan persentase 9,47%, sisanya Siemen dan sementara lainnya merupakan gabungan dari beberapa merek handphon (Mito,Nexsian dan Esia) yang diminati hanya oleh 4 orang responden saja.

Alasan utama yang dikemukakan oleh para responden dalam memilih merek handphone saat ini adalah seperti dalam tabel berikut :

Tabel 2 Alasan utama Responden Memilih Merek Handphone

Sebanyak 43 responden atau sebanyak 45,26 % responden memilih alasan pemilihan merek sebagai panutan utama dalam menentukan merek handphone yang digunakannya.

Berikut data hasil kuisioner dengan beberapa pertanyaan mengenai alasanmemilih merek handphone.

Tabel 3 Alasan Responden Memilih Merek Handphone

Dari tabel di atas dapat dijabarkan 3 merek handphone teratas berdasarkan alasan pemilihan produk dengan menilai keunggulan dan kelemahan produk. Hasilnya terlampir pada tabel di bawah ini.

Tabel 4. Kelebihan dan Kekurangan Merek Handphone Menurut Responden

Dari hasil tersebut Merek Nokia memiliki keunggulan terbnayak dibanding dengan merek lainnya, hal ini menunjukkan kepuasan konsumen terhadap Nokia.

Dari riset serupa yang pernah dilakukan oleh Ismulyana Djan dan Ramlan Ruvendi mengenai pemilihan merek handpone pada sampel beberapa mahasiswa, variabel yang paling banyak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam pemilihan merek Handphone adalah Variabel Alasan pemilihan merek.

Pada penelitian kami ini, variabel yang paling banyak adalah terdapat pada Alasan pemilihan merek, Alasan pemilihan merek dipilih, karena hal ini menjadi dasar penilaian responden terhadap suatu merek maupun produknya secara lebih objektif sesuai dengan nilai positif dan negatif yang dimiliki oleh suatu merek maupun produknya di mata responden.

Variabel tertinggi kedua yang banyak dipilih responden adalah pangsa pasar, dimana 24 responden memilih karena pangsa pasar yang besar pada suatu merek handpone akan mempengaruhi pelayanan pabrikan terhadap konsumennya.

BAB 5

Kesimpulan

Dari pejelasan di atas dapat disimpulkan bahwa merek Nokia adalah yang paling banyak diminati oleh responden Mahasiswa, karena banyak memiliki keunggulan dan Nama yang sudah terkenal.

Selain itu dapat menjawab tujuan dari penelitian yaitu :

1. Pasar handphone yang paling banyak diminati oleh konsumen pada tingkat mahasiswa adalah handphone Merek Nokia yang menguasai 50 % lebih pasar.

2. Dari data hasil Quisioner yang telah dilakukan pada 100 para responden, di dapat hasil bahwa loyalitas konsumen terhadap suatu merek handphone dipengaruhi oleh variabel Alasan pemilihan merek, karena hal ini menjadi dasar penilaian responden terhadap suatu merek maupun produknya.

3. prediksi terkini dari hasil penelitian yang kami lakukan diatas di dapatkan hasil bahwa merek handphone Nokia adalah yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa (Universitas Gunadarma) dengan persentase sebesar 50,52 %. Dari hasil ini terlihat bahwa Nokia menguasai pasar hingga mencapai lebih dari setengah responden yang di teliti.

Kekurangan dari riset ini adalah kurang mampu untuk menggambarkan secara menyeluruh mengenai pemakaian merek handphone lebih luas, karena hanya satu ruang lingkup yang di teliti.

Saran dari kami agar kiranya hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yang lebih luas terhadap pemiilhan responden yang lebih besar terhadap merek Handphone serta dapat menilai pangsa pasarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar