SELAMAT DATANG DI INTERPARENT'S BLOGS

Selasa, 01 November 2011

tugas bab 3 metode penelitian

METODOLOGI PENELITIAN

( Data )
Penelitian yang dilakukan dalam tulisan ini menggunakan metoda survey yang
mengkombinasikan data kulitatif dan data kuantitatif dalam analisisnya. Hal ini digunakan untuk memperoleh gambaran kualitatif maupun kuantitatif atas tanggapan yang diberikan oleh responden terhadap merek handphone yang digunakannya. Meskipun penelitian ini relatif kecil baik jumlah sample maupun ruang ligkup populasinya, akan tetapi hasilnya diharapkan dapat memberi gambaran awal tentang pangsa pasar handphone dalam populasi yang lebih luas lagi.

( Eksplorasi data )
Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Gunadarma J1 kalimalang baik jenjang Diploma 3 maupun Strata I sebanyak 100 orang, dengan komposisi 20 orang D3 Manajemen informatika, 20 orang D3 manajemen pemasaran dan 25 S1 Manajemen dan 25 S1 Teknik informatika.

Kuesioner disebarkan kepada 100 orang mahasiswa dari berbagai program studi
dengan teknik stratified random sampling non proporsional.

Penarikan sampel dengan menggunkan teknik ini dimugkinkan untuk memperoleh sampel yang representatif dari populasi yang ada.
Daftar pertanyaan yang disusun terdiri dua bagian dan 10 butir pertanyaan (a-j) yang merupakan kombinasi antara bentuk tertutup dan terbuka. Bagian pertama nomor a – e pertanyaan sekitar penggunaan merek handphoe yang digunakan saat ini dan bagian dua nomor f – i menanyakan mengenai penggunaan merek handphone sebelumnya.

Dari dua bagian pertanyaan tersebut diharapkan akan terungkap pola perpindahan responden dalam memilih merek handphonenya. Sehingga bisa diprediksi pula perpindahan merek di waktu yang akan datang.


( Variabel indikator )
Variabel yang akan diteliti meliputi
1. Merek
2. Pangsa pasar
3. Alasan pemilihan merek
4. Daya tarik produk

( Model penelitian )
Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan disajikan melalui :
1. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan cara meringkas dan mengklasifikasikan jawaban responden terhadap alasan pengguna handphone dikalangan mahasiswa.
2. Analisis deskriptif kuantitatif untuk menghitung pangsa pasar dari setiap merek handphone di kalangan mahasiswa Gunadarma.
3. Menganalisis pola perpindahan dari satu merek hanphone ke merek hanphone yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar